Hanifu87
Version 2
today : | at : | safemode : ON
> / home / facebook / twitter / exit /
name author perms com modified label

Perangkat Input Dan Output HHK rwxr-xr-x 0 09.36

Filename Perangkat Input Dan Output
Permission rw-r--r--
Author HHK
Date and Time 09.36
Label
Action

1. Perangkat Input
Komputer terdiri dari beberapa komponen yang merupakan suatu sistem, apabila salah satu komponen tidak berfungsi, akan mengakibatkan tidak berfungsinya suatu komputer dengan baik. Perangkat input berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan.
Beberapa perangkat/peralatan input yaitu :
  • Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer, keyboard berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file.
Ada beberapa jenis keyboard yaitu jenis keyboard Qwerty, Keyboard Dvorak, keyboard Alfabetic. Umumnya keyboard yang kita gunakan sekarang adalah jenis keyboard Qwerty.
Keyboard Qwerty yang umumnya digunakan memiliki 4 bagian yaitu :
  • Typewriter Key
Tombol utama dalam keyboard, yang terdiri atasa alfabet dan tombol tombol lainnya : Backspace, Capslock, Delete, esc, end, enter, tab, home, insert, page up dan page down yang masing masing memiliki fungsi tersendiri.
  • Numeric Key
Tombol ini umumnya terletak disebelah kanan keyboard, Tombol ini terdiri atas angka dan arrow key (tombol arah). Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka.
  • Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
  • Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya.
  • Mouse
Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard, Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface), Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2, usb dan wireless.
  • Touch Pad
biasanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook, cara menngunakannya yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Selain touchpad, ada juga bebarapa jenis lain yang cara penggunaannya hampir sama dengan touchpad seperti Track ball, Pointing Stick.
  • Light Pen
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan men-design gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkan sinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.
  • Barcode Reader
Berfungsi untuk membaca suatu kode yang berbentuk kotak-kotak atau garis-garis tebal vertical yang kemudian diterjemahkan dalam bentuk angka-angka. Kode-kode ini biasanya menempel pada produk-produk makanan, minuman, alat elektronik dan buku.
2. Perangkat Output
Merupakan alat yang berfungsi sebagai alat untuk mengeluarkan data atau informasi dari komputer. Output device/perangkat output juga bisa diartikan sebagai peralatan yang berfungsi untuk mengeluarkan hasil pemrosesan ataupun pengolahan data yang berasal dari CPU kedalam suatu media yang dapat dibaca oleh manusia ataupun dapat digunakan untuk penyimpanan data hasil proses.
Beberapa perangkat/peralatan output yaitu :
  • Monitor
Dengan alat ini kita dapat melihat semua proses dalam komputer, tanpa monitor sangat sulit kita untuk melakukan intruksi dan mel`kukan analisis data serta melihat hasil kerja dari komputer
Ada beberapa jenis monitor, yaitu :
  • Monitor CRT (Cathorade Ray Tube)
Pada monitor jenis CRT, layar penampil menggunakan tabung katoda. Cara kerja dari teknologi ini untuk memunculkan tampilan pada monitor adalah dengan cara memancarkan sinar elektron ke suatu titik di layar.
  • Monitor LCD (Liquid Crystal Display)
Pada monitor LCD menggunakan teknologi sejenis kristal liquid yang dapat berpencar, bukan lagi menggunakan tabung elektron seperti yang digunakan oleh monitor jenis CRT
  • Monitor Plasma Gas
Monitor berjenis plasma merupakan inovasi baru dari teknologi yang digunakan olehmonitorDengan menggabungkan teknologi CRT dan LCD dapat menghasilkan teknologi yang membuat layar dengan ketipisan menyerupai LCD dan sudut pandang yang dapat selebar teknologi CRT
  • Printer
Alat ini berfungsi untuk mencetak hasil olah digital computer ke lembar kertas. Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya
Ada beberapa jenis printer, yaitu :
  • Printer Dot Matrix
printer Dot Metrik merupakan printer yang metode pencetakannya menggunakan pita. Cetakan yang dihasilkan terlihat seperti titik titik yang saling mengubungkan satu dengan yang lainnya, sehingga hasil cetakan kurang halus dan juga kurang bagus
  • Printer Ink Jet
Jenis printer Ink jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya menggunakan tinta cair. hasil cetak yang dihasilan oleh jenis printer Ink jet lebih bagus dan halus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix, jenis printer ink jet ini juga bisa menghasilan hasil cetakan warna
  • Printer Laser Jet
Jenis printer laset jet merupakan jenis printer yang metode pencetakannya tinta bubuk atau yang biasa disebut tooner dengan menggunakan perangkat infra merah. selain hasil cetak yang lebih bagus jika dibandingkan dengan jenis printer dot metrix maupun ink jet, printer laser jet juga memiliki kecepatan pencetakan yang tinggi dan hasil cetaknya pun juga lebih cepat kering.
Sound Speaker, Projector LCD, Dll Merupakan perangkat/peralatan Outpun lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Jayalah Indonesiaku © 2010 Hanifu Data
VB (Vio b374k) Template design by p4r46hcyb3rn3t