Hanifu87
Version 2
today : | at : | safemode : ON
> / home / facebook / twitter / exit /
name author perms com modified label

Perangkat/Komponen pada Unit Sistem HHK rwxr-xr-x 0 09.45

Filename Perangkat/Komponen pada Unit Sistem
Permission rw-r--r--
Author HHK
Date and Time 09.45
Label
Action

Bagian-Bagian Komponen pada Unit Sistem

Masih ingat dengan materi kuliah semester lalu, dan masih membekas di benak, tentu saja akan ada dalam benak the gaptek, secara the gaptek memang menyukai segala sesuatu yang berhubugan dengan dunia teknologi, dan dalam pertemuan pertama dengan mata kuliah PENGANTAR TEKNOLOGI INFORMASI atau biasa kami singkat PTI, dan pada pertemuan pertama kami membahas tentang Pengenalan Perangkat yang Digunakan dalam Teknologi Informasi, tentunya dalam hal ini ini adalah perangkat komputer yang lebih sering diandalkan dalam melakukan segala pekerjaan, karena komputer-lah yang menjadi cikal bakal dalam Teknologi Informasi sebelum adanya segala macam perangkat Teknologi lainnya seperti Ponsel, Komputer Tablet, dll.

Tapi sebelum masuk ke pembahasan  tentang Pengenalan Perangkat yang Digunakan dalam Teknologi Informasi, The Gaptek akan berikan sedikit pengertian tentang Komputer. Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut prosedur yang telah dirumuskan. Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu, tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. Asal mulanya, pengolahan informasi hampir eksklusif berhubungan dengan masalah aritmatika, tetapi komputer modern dipakai untuk banyak tugas yang tidak berhubungan dengan matematika.

Teknologi informasi erat kaitannya dengan teknologi komputer yang saat ini berkembang begitu pesatnya. Personal computer (PC) yang sekarang ini sudah banyak dipakai pengguna hampir di setiap rumah, merupakan salah satu contoh teknologi komputer yang banyak berperan dalam perkembangan teknologi informasi. .
Pada materi saat ini, lagi-lagi saya akan mengulas mengenai perangkat PC dan komponennya sebagai perangkat komputer yang banyak dipakai untuk pemrosesan data. Komputer itu sendiri didefinisikan sebagai perangkat elektronik yang dirancang untuk dapat melakukan penyimpanan, pemrosesan, dan pengambilan data. PC merupakan salah satu contoh dari bentuk teknologi komputer. Dengan Perkembangnya teknologi komputer ini diharapkan dapat membantu pekerjaan manusia secara lebih efektif dan efisien.

Bagi pengguna komputer, alangkah baiknya jika mengetahuhi lebih dalam mengenai perangkat komputer terutama hardware (perangkat keras).

Komponen komputer minimal untuk dapat memakai PC, cukup dengan komponen terdiri dari: unit sistem (processor, motherboard, memori/RAM, VGA card, dan harddisk, yang terpasang dalam casing), media input (keyboard dan mouse), dan output (monitor). Dengan spesifikasi tersebut, PC sudah dapat dioperasikan.
Komponen PC dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu unit sistem, input/output, dan media penyimpanan.

Komponen pada Unit Sistem
1. CPU (Central Processing Unit) dan Motherboard
Microprocessor atau CPU (Central Processing Unit), atau biasa disebut processor saja, selalu terdapat pada setiap PC sebagai komponen utama dalam melakukan proses pengolahan data komputer (sebagai otak komputer). Processor/CPU ditempatkan bersama chip pendukung lainnya, seperti VGA Card, pada sebuah papan sirkuit yang disebut motherboard atau mainboard. atau mobo atau papan induk Kemudian motherboard tersebut dirakit dan ditempatkan dalam sebuah casing membentuk suatu unit sistem. Dalam istilah sehari-hari, satuan unit komponen yang disimpan dalam casing bersama dengan processor sering pula disebut CPU. Bentuk dari unit sistem bervariasi, mengikuti bentuk casing yang dipakai , ada yang berdiri (tower), dan ada pula yang desktop (diletakkan secara horisontal).

Spesifikasi komputer biasanya mengacu pada jenis processor/CPU yang dipakai, seperti Pentium II 300MHz, Pentium IV 1,7GHz, Celeron450MHz, AMD K6-2-500, Athlon, Duron, dan seterusnya. Jenis processor tersebut menggambarkan kemampuan dan kecepatan pengolahan data. Semakin besar satuan frekuensi atau instruksi per detik (MHz/GHz) CPU, semakin cepat CPU tersebut mengeksekusi program yang sedang berjalan.

2. Memori
Komponen lain yang membantu CPU dalam melakukan pemrosesan data ialah memori. Ada beberapa jenis memori yang terdapat pada suatu PC, seperti cache memory pada CPU, RAM, dan memori lain pada motherboard. Memori yang akan kita bahas materi ini adalah memori jenis RAM. RAM (Random Access Memory) berbentuk kepingan yang dipasang pada motherboad dan dapat diganti/di-upgrade.


Semakin banyak aplikasi yang beroperasi, makin berat beban yang dilakukan memori ini. RAM banyak dijual dalam bentuk kepingan utuh yang berisikan sekumpulan IC (Integrated Circuit) yang terpisah. Satuan besaran dari memori ialah byte atau karena sangat besar memakai satuan megabyte. Misal, memori yang banyak digunakan saat ini memiliki kapasitas 32 Mb, 64 Mb, 128 Mb, 256 Mb, dan seterusnya.


3. VGA dan Sound Card
Komponen lain pada unit sistem yang tidak kalah penting ialah VGA Card (kartu VGA). VGA card dibuat berupa papan sirkuit yang berisi chip yang berfungsi sebagai perantara antara unit sistem dengan layar monitor sebagai media output. Tanpa komponen ini, informasi hasil pengolahan CPU tidak dapat ditampilkan pada monitor.
Sound Card, atau kartu suara, merupakan komponen tambahan berupa papan yang berisi chip yang berfungsi
untuk menghasilkan energi suara, kemudian lewat media sound system seperti speaker, suara tersebut dapat diperdengarkan. Saat ini, terdapat motherboard yang membuat VGA dan Sound card secara on board, artinya kedua komponen tersebut dibuat berupa chip yang menyatu dengan chip lain pada motherboard (built in).

Input dan Output
Ialah perangkat komunikasi yang merupakan bagian dari sistem komputer selain unit sistem. Perangkat ini sebagai jembatan antara unit sistem pada komputer dengan pengguna.

1. Media Input
Merupakan media komunikasi pada komputer untuk mengirimkan instruksi, data, dan informasi yang akan diproses oleh CPU. Berikut ini beberapa contoh media input.

a) Keyboard
Keyboard sebagai media input ketik merupakan perangkat input yang sering digunakan sebuah PC .Alat ini berfungsi sebagai perantara komunikasi antara pengguna komputer dengan sistem komputer dengan cara mengetikkan tombol keyboard berupa teks dan perintah-perintah lain seperti ‘Enter’ untuk dijalankan komputer. Bentuk dan jenis keyboard sangat beragam, mulai paling sederhana sampai kompleks dengan tambahan tombol yang bervariasi.

b) Mouse
Mouse merupakan perangkat penunjuk (pointing device) yang memungkinkan pengguna untuk langsung menunjuk objek yang dapat dilihat pada layar monitor komputer. Mouse dijalankan dengan menekan tombol mouse pada objek yang sudah dipilih. Menekan mouse dikenal dengan nama ‘klik’ untuk sekali tekan, dan ‘double klik’ (klik ganda) untuk dua kali tekan.

2. Media Output
a) Display Screen/Layar Monitor
Layar monitor menampilkan hasil dari proses yang dilakukan oleh CPU secara langsung sehingga pemakai komputer dapat mengetahui apa saja yang dihasilkan dari komputer ini. Misalkan pada keyboard pengguna menekan huruf “Y” (input). Pada layar monitor kursor akan menuliskan “Y”. Ditulisnya huruf “Y” pada layar monitor merupakan hasil (output) dari proses yang dikerjakan CPU sesuai dengan permintaan pengguna tadi. Nama lain dari monitor yang banyak dipakai, yaitu: VDT (Video Display Terminal), dan CRT (Cathode Ray Tube).

Dari bahasan materi ini, ' hanya ' cukup dengan komponen terdiri dari: unit sistem (processor, motherboard, memori/RAM, VGA card, dan harddisk, yang terpasang dalam casing), media input (keyboard dan mouse), dan output (monitor), sebuah PC sudah dapat dioperasikan.

Dan masih banyak lagi alat-alat hardware yang bisa untuk mensupport kinerja komputer  sahabat the gaptek, semua tergantung dari kebutuhan kalian masing-masing dan tentukan sesuai dengan ukuran kantongnya masing-masing.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Jayalah Indonesiaku © 2010 Hanifu Data
VB (Vio b374k) Template design by p4r46hcyb3rn3t